Rabu, 30 Januari 2013

RPP BERKARAKTER BAHASA INDONESIA SMA KELAS X





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                : SMA N 3 SURAKARTA
Mata Pelajaran                   :  Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                 :  X (Sepuluh) / 1 (satu)
Standar Kompetensi          :  Menulis
                        4. Mengungkapkan informasi dalam berbagai bentuk paragraf (naratif, deskriptif, ekspositif)
Kompetensi Dasar             : 4.1 Menulis hasil observasi dalam bentuk  paragraf deskriptif 

Indikator        : 
1.      Mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf deskriptif berdasarkan hasil pengamatan
2.      Menyusun kerangka paragraf deskriptif
3.      Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi  paragraf deskriptif  
4.      Menggunakan frasa ajektif dalam paragraf deskriptif
5.      Menyunting paragraf deskriptif yang ditulis  teman
Alokasi Waktu                       :  4 x 45 menit
1.      Tujuan Pembelajaran
A.    Aspek Kognitif
       Setelah kegiatan pembelajaran ini diharapkan siswa dapat :
1.      Mengetahui pengertian paragraf deskripsi dan jenis-jenisnya.
2.      Mengetahui pengertian frase ajektif yang digunakan dalam paragraf deskripsi
B.     Aspek Afektif
       Setelah kegiatan pembelajaran ini diharapkan siswa dapat :
1.      Menghargai pendapat dan hasil karya teman dengan memberikan saran perbaikan.
C.    Aspek Psikomotorik
        Setelah kegiatan pembelajaran ini diharapkan siswa dapat :
1.      Mendaftar topik-topik yang dapat dikembangkan menjadi paragraf deskriptif berdasarkan hasil pengamatan dengan tepat
2.      Menyusun kerangka paragraf deskriptif secara tepat
3.      Mengembangkan kerangka yang telah disusun menjadi  paragraf deskriptif   dengan benar.
4.      Menggunakan frasa ajektif dalam paragraf deskriptif secara tepat
5.      Menyunting paragraf deskriptif yang ditulis  teman dengan tepat
                       
v  Karakter Siswa yang Diharapkan :      Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence)
Tanggung jawab ( responsibility )
2.      Materi Pembelajaran (Terlampir)
Paragraf deskriptif:
Pertemuan I
a.      Pengertian Paragraf deskripsi
b.      Contoh paragraf deskriptif
c.      Pola pengembangan paragraf deskripsi
d.     Ciri/ karakteristik
e.      Kerangka paragraf deskriptif
f.       Contoh penggunaan frasa ajektif dalam paragraf deskriptif
Pertemuan II
g.      Membuat dan menyunting hasil karangan
3.      Pendekatan Pembelajaran
·         Pendekatan Proses
4.      Metode Pembelajaran
·         Tanya jawab
·         Diskusi
·         Inkuiri
·         Penugasan
·         Demonstrasi
5.      Model Pembelajaran
·         Karyawisata

6.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan I (1 x 45 Menit)
No.
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
A.
Kegiatan Awal
1.      Apersepsi
a.       Guru membuka pelajaran dengan salam dan presensi kehadiran siswa.
b.      Guru mengulas kembali pelajaran yang telah dilakukan pada pertemuan sebelumnya dengan bertanya jawab kepada siswa.
c.       Menyampaikan materi  pelajaran yang akan dilaksanakan mengenai paragraf deskripsi.
2.      Motivasi
d.      Guru menyampaikan kepada siswa tujuan pembelajaran yang hendak dicapai dan memberikan penanaman sikap dan motivasi terhadap pembelajaran yang akan dilaksanakan.

5 Menit







5 Menit
B.
Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi
a.       Guru menggali pengetahuan siswa mengenai materi paragraf melalui berbagai sumber.
b.      Guru menggiring pemikiran siswa ke materi paragraf deskripsi dengan menampilkan contoh gambar dan siswa memberikan tanggapan tentang gambar yang dilihat.
c.       Guru memandu siswa mendata topik yang dapat digunakan untuk menulis paragraf deskripsi.
d.      Guru memandu siswa menyusun kerangka karangan deskripsi dengan metode pengamatan langsung.
2.      Elaborasi
a.       Guru menginstruksikan siswa untuk menulis karangan deskripsi dengan objek teman satu kelas
b.      Siswa dengan penuh tanggungjawab mengerjakan dan membacakan hasil karyanya.
c.       Guru dan siswa membahas dengan memberikan penilaian sesuai dengan ciri paragraf deskripsi
d.      Guru memberi kesempatan kepada siswa yang lain untuk menanggapi penyampaian materi siswa yang maju.
e.       Guru menunjuk beberapa siswa untuk menyimpulkan hasil diskusi.
3.      Konfirmasi
a.       Guru memberikan tanggapan terhadap hasil diskusi yang telah dilaksanakan oleh siswa di depan kelas.
b.      Guru memberikan tambahan ulasan materi yang belum diketahui siswa.
c.       Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya.


5 Menit









15 Menit










5 Menit
C.
Penutup
a.       Guru merefleksi dan menanyakan kesan siswa terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
b.      Guru bersama dengan siswa menyimpulkan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
10 Menit

Pertemuan II (2 x 45 Menit)
No.
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
A.
Kegiatan Awal
1.      Apersepsi
a.       Guru membuka pelajaran dengan salam dan presensi kehadiran siswa.
b.      Guru melakukan tanya jawab dengan siswa untuk mengulas kembali pelajaran yang telah dilakukan sebelumnya.
2.      Motivasi
c.       Guru menyampaikan kepada siswa tujuan pembelajaran yang hendak dicapai dan memberikan penanaman sikap dan motivasi terhadap pembelajaran yang akan dilaksanakan.

5 Menit






5 Menit


B.
Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi
a.       Guru melakukan tanya jawab dengan siswa tentang frase adjektiva dalam yang dapat digunakan dalam karangan deskripsi
b.      Guru memberikan contoh-contoh frase adjektiva
c.       Siswa dengan penuh perhatian memperhatikan penjelasan guru.
d.      Guru menunjuk beberapa siswa untuk membuat kalimat dengan frase adjektiva yang ditulis oleh guru.
2.      Elaborasi
a.       Guru membagi kelas menjadi 5 kelompok dan membagikan kartu yang berisi topik yang akan diamati yaitu tentang lingkungan sekitar sekolah. Setiap siswa membuat satu paragraf meskipun topik dalam satu kelompok sama.
b.      Guru menginstruksikan masing-masing kelompok untuk keluar ruangan dan mengamati objek yang ada di kartu masing-masing kemudian menyusun sebuah paragraf deskripsi.
c.       Setelah kembali ke kelas, masing-masing kelompok mewakilkan satu anggotanya untuk menuliskan paragaraf deskripsinya di papan tulis.
d.      Guru menginstruksikan siswa yang lain untuk memberikan tanggapan dan saran.
3.      Konfirmasi
a.       Guru memberi penguatan materi tambahan kepada siswa.
b.      Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya.

10 Menit







50 Menit














5 Menit



C.
Penutup
a.       Guru merefleksi dan menanyakan kesan siswa terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
b.      Guru memberikan motivasi untuk belajar kepada siswa
10    Menit
Pertemuan III (1 x 45 Menit)
No.
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
A.
Kegiatan Awal
1.      Apersepsi
a.       Guru membuka pelajaran dengan salam dan presensi kehadiran siswa.
b.      Guru melakukan tanya jawab dengan siswa untuk mengulas kembali pelajaran yang telah dilakukan sebelumnya.
2.      Motivasi
a.       Guru menyampaikan kepada siswa tujuan pembelajaran yang hendak dicapai dan memberikan penanaman sikap dan motivasi terhadap pembelajaran yang akan dilaksanakan.


5 Menit





5 Menit


B.
Kegiatan Inti
3.      Eksplorasi
a.       Guru bersama siswa mengali informasi dengan bertanyajawab tentang penggunaan EYD dalam penulisan paragraf.
4.      Elaborasi
a.       Guru menginstruksikan kepada siswa untuk menukar karangan  dengan milik teman
b.      Guru menginstruksikan siswa menyunting tulisan atau karangan deskripsi milik teman berdasarkan objek, keterlibatan pancaindera, dan EYD.
c.       Guru meminta siswa memperbaiki tulisan sendiri
5.      Konfirmasi
a.       Guru memberi evaluasi terhadap pengerjaaan materi yang telah dilaksanakan siswa.
c.       Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya.


5 Menit



15 Menit






5 Menit



C.
Penutup
a.       Guru merefleksi dan menanyakan kesan siswa terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
b.      Guru memberikan motivasi untuk belajar kepada siswa
c.       Guru menutup pembelajaran.

10    Menit

  5. Media dan Sumber Belajar
Media
   LCD dan laptop yang berisi :
·         Slide gambar dan presentasi tentang materi paragraf deskripsi.
Sumber Belajar
·         Buku ajar bahasa Indonesia SMA kelas X terbitan Erlangga
·         BSE Bahasa Indonesia SMA kelas X (Syamsi Katam, Efendi Anwar. 2010.Aku Mampu Berbahasa dan Bersastra Indonesia”. Jakarta: Pusat Perbukuan Kemdiknas)
6.PENILAIAN
1.      Jenis tagihan          : Tugas kelompok dan Tugas individu
2.      Bentuk instrumen      :
1.      Tes tulis
2.      Tes lisan
3.      Observasi kinerja/ Demonstrasi
4.      Tagihan hasil karya/ produk: tugas, proyek
Instrumen :
1.      Carilah topik atau tema paragraf diskripsi!
2.      Kembangkanlah tema tersebut menjadi sebuah paragraf diskripsi!
3.      Suntinglah karangan temanmu dari segi keruntutan isi dan EYD!




Pedoman Penilaian Psikomotorik/Unjuk Kerja :
No.
Aspek Penilaian
Skor
Bobot
Nilai
1.
Keterkaitan Isi
A (5)
B (4)
C (3)
D (2)
E (1)
5

2.
Pengimajian dan penyebutan objek
A (5)
B (4)
C (3)
D (2)
E (1)
5

3.
Ejaan
A (5)
B (4)
C (3)
D (2)
E (1)
5

4.
Diksi
A (5)
B (4)
C (3)
D (2)
E (1)
5

Jumlah Nilai

Perhitungan nilai akhir dalam skala 0 – 100 adalah sebagai berikut :

             

Surakarta, 17 Oktober 2012

Mengetahui,

Guru Pamong Bahasa Indonesia
SMA N 3 Surakarta

Sri Maryamti, S. Pd
NIP.
                                 Guru Mata Pelajaran
                                   Bahasa Indonesia

                                        Yanuri Natalia S.
                                        NIM. K1209075





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar